Saturday, April 15, 2017

KARYA ILMIAH TOKO ONLINE

ABSTRAK
Karya ilmiah ini dibuat dengan tujuan untuk memberi informasi kepada pembaca agar lebih tau tentang apa itu Toko online dan agar pembaca lebih termotivasi dalam bidang bisnis dalam mengurangi pengagguran. Sekarang ini tidak banyak orang yang yang kreatif dalam menciptakan inovasi baru. Dalam karya ilmiah ini, penulis mencoba mengelola Toko online.
Bisnis ini merupakan bisnis yang paling dipiling oleh kaum muda maupun tua dikarenakan bisnis ini lumayan mudah tergantung niat kita. Bisnis ini membutuhkan modal yang lumayan tapi pasti kebanyakan orang pasti sudah memilikinya minimal smartphone bisnis ini juga dapat mengenai semua sasaran mulai dari kaum menengah kebawah hingga kelas atas.



ISI
1.      Peluang Bisnis dari Toko Online
Pengguna Internet di Indonesia mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan. Berdasarka Laporan comScore, Indonesia mengalami peningkatan pengguna Internet sebesar 32 % padatahun 2010, paling tinggi perkembangannya di antara negara Asia Tenggara lainnya dan total pengguna Internet di Indonesia pada Desember 2010 adalah sebanyak 8,6 juta pengguna. Laporan ini tentunya merupakan kabar gembira bagi pelaku bisnis online yang menjajakannya di pasar Indonesia.
ComeScore juga mencatat lama penggunaan Internet per pengguna di Indonesia adalah 14,8 jam, paling rendah di antara negara Asia Tenggara lainnya. Contoh dari toko online yang telah merasakan manisnya ialah Tokobagus (Olx.co.id). Nilai Omzet Tokobagus yang hanya pada bulan Desember tahun 2010 kemarin saja tercatat mencapai Rp 300 milyar, itu hanya bulan desember lho menggiurkan bukan?
2.      Langkah Dasar Memulai Toko Online
Banyak orang yang ingin memulai toko online, apakah toko baju, keranjang hadiah atau mainan di web. Dengan mengambil contoh toko pakaian, berikut beberapa langkah dasar untuk membuat etalase toko online anda:
a.       Tentukan Bisnis Anda.
Langkah paling awal adalah selalu tahu apa yang ingin anda lakukan. Termasuk mengetahui jenis bisnis baju apa dan market yang anda tuju (anak-anak, bayi, wanita atau pria). Pertimbangkan ceruk pasar yang ada beberapa contoh toko baju online juga menyediakan baju wanita dengan ukuran besar, atau baju seragam atau baju kerja untuk ibu hamil. Lihat pesaing anda (dan ada banyak lagi) dan pikirkan: apa yang membuat konsumen memilih toko anda dibandingkan retailer baju seperti Gap.com atau toko besar seperti Amazon.com?
b.      Melakukan Riset Pasar.
Memahami target konsumen anda serta tahu pesaing anda siapa mereka, apa yang mereka lakukan dan bagaimana mereka menampilkan tokonya, bagaimana mereka memasarkan, apakah target pasar anda membeli online dan dari mana. Berlangganan untuk publikasi seperti Internet Retaileruntuk membantu anda banyak belajar cara terbaik berjualan online dan apa yang dilakukan pada bisnis besar.
c.       Memimpikan Website Anda.
Tentukan fitur yang diinginkan pada website Anda. Keindahan web akan mempermudah anda untuk melakukan riset persaingan. Kunjungi situs pesaing utama anda, termasuk situs bisnis besar. Mengapa menurut anda website mereka bisa berjalan? Fitur apa saja yang mereka miliki yang menurut anda juga perlu dimiliki? Berpikir layaknya pelanggan potensial dan lihat fitur mana yang membuat pengalaman berbelanja anda menyenangkan? Ingatlah, bahkan detil terkecilpun bisa memberikan perbedaan dalam hal harga dan penjualan.
d.      Menulis Business Plan.
Business plan penting untuk membantu anda memikirkan bisnis anda
siapa target pasar anda, apa yang ingin anda capai dengan situs anda, bagaimana anda memasarkan produk, teknologi apa yang anda butuhkan untuk mencapai tujuan anda, dimana anda akan mendapatkan sumber produk anda atau bagaimana anda akan membuat item tersebut, dan seberapa besar sumber yang perlu anda miliki. Anda tidak harus menulis tesis atau business plan yang formal kecuali anda mencari pinjaman finansial atau investor.
e.       Mengelola Modal Awal Anda.
Jika menurut anda ide anda bisa dilakukan, maka ini adalah saat memulainya. Jika anda butuh mengajukan pinjaman, siapkan business plan. Jika anda punya tabungan atau meminjam keluarga atau teman, business plan ini opsional tapi bisa membantu anda menelaah bisnis.
f.       Menentukan Platform E-Commerce Apa Yang Akan Digunakan Dalam Penjualan Online.
Anda memiliki beberapa opsi dalam membangun toko online. Anda bisa membangun sistem anda sendiri, memilih dan menambahkan elemen diri anda sendiri.
g.      Mengatur Supplier Dimana Anda Akan Mendapatkan Barang.
Mungkin anda tidak bisa menyusun akun pada tahap ini tanpa ijin penjual, tapi setidaknya tahu siapa mereka. Menghadiri pameran busana sehingga anda bisa bertemu penghasil dan pemain industri lainnya secara personal. Gunakan pasar B2B seperti Alibaba.com jika anda mempertimbangkan mencari produsen atau suplier internasional.
h.      Mulai Mengerjakan Website.
Mendapatkan semua elemen yang anda butuhkan untuk menjalankan toko online anda berdasarkan platform sebelum anda memutuskan menggunakannya untuk e-commerce anda. Yang paling mendasar, anda harus bisa menunjukkan produk/jasa anda (katalog), mengambil pesanan (keranjang belanja), dan pembayaran (sistem pembayaran).
i.        Menentukan Bagaimana Menerima Pembayaran.
Mendaftar akun merchant atau menentukan opsi pembayaran atau kombinasi pembayaranyang ditawarkan pada pelanggan anda.







No comments:

Post a Comment

NAMESPACE C++,COMPILE dan LINKING

Hari ini saya akan memposting namespace,compile danlingking pada c++. NAMESPACE  Namespace adalah sebuah pengelompokan progam agar proga...