Wednesday, April 12, 2017

CARA MERAWAT HARDISK INTERNAL

      Kali ini saya akan membagikan postingan bagamana cara merawat hardisk laptop agar tidak cepat rusak. Hardisk laptop salah satu bagian dari komputer yang berguna sebagai tempat menyimpan data.

      pada umunya hardisk komputer akan bertahan minimal 4 tahun bila kita benar merawatnya jika kurang dari 4 tahun mungkin ada beberapa kesalahan kita saat menggunakan komputer contoh kita sering mematikan komputer secara paksa tentu itu akan membuat hardisk mengalami perhentihan mendadak saat membaca data dan membuat piringan hardisk lecet, lalu bagaimana cara merawat hardis agar tahan lama berikut beberapa tipsnya :



1.  Kurangi mematikan komputer secara paksa

     Mungkin mematikan komputer menjadi masalah sepele bagi orang awam tapi untuk orang yang tau cara merawat komputer tentu cara mematikan komputer secara paksa akan berakibat fatal terhadap hardware komputer terutama hardisk.
     Hardisk yang awalnya sedang membaca data jika kita mematikan komputer secara paksa maka hardisk akan mengalami perhentian mendadak dan membuat piringan hardisk menjadi lecet, beda cerita jika kita men shutdown komputer maka mata yang untuk membaca hardisk akan naik dan akan berhenti secara perlahan sehingga tidak membuat piringan hardisk lecet.



2.  Kurangi menginstal ulang komputer

Menginstal ulang komputer memang salah satu jalan untuk mengurangi kelambatan komputer tapi saat menginstal ulang hardisk bekerja secara keras untuk menghapus data maka hardisk akan cepat rusak, jika komputer kita lemot jangan langsung instal ulang kenali apa penyebabnya seperti virus,sampah data atau hardisk yang penuh.


3. Gunakan alas laptop yang datar

Jangan sering memangku laptop atau menghidupkan laptop ditempat yang tidak sejajar karena piringan hardisk ikut tidak sejajar ini juga bisa menjadi penyebab hardisk cepat rusak.


3.  Rutin defrag hardisk

Disk defragmenter adalah suatu program yang berinduk pada sistem operasi komputer (OS) yang berguna untuk menyusun kembali file-file yg diperbaharui atau yang telah di install baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Jika anda membuka file apa pun itu maka secara automatik windows akan bekerja atau mengambil ruang secara automatik dalam penempatan space atau bagian partition dalam hardisk
Cara defrag hardisk:

1. pilih Local Disck (C) klik kanan pilih "properties"



2. pilih "Tools" lalu pilih "Optimize"



pilih penyimpanan yang mau di defrag lalu klik "analyze"jika terdapat fragments lali pilih "optimize", tunggu proses sampai selesai memang agak lama.






No comments:

Post a Comment

NAMESPACE C++,COMPILE dan LINKING

Hari ini saya akan memposting namespace,compile danlingking pada c++. NAMESPACE  Namespace adalah sebuah pengelompokan progam agar proga...