ABSTRAK
Karya
ilmiah ini dibuat dengan tujuan untuk memberi informasi kepada pembaca agar
lebih tau tentang apa itu Toko online dan agar pembaca lebih termotivasi dalam
bidang bisnis dalam mengurangi pengagguran. Sekarang ini tidak banyak orang
yang yang kreatif dalam menciptakan inovasi baru. Dalam karya ilmiah ini,
penulis mencoba mengelola Toko online.
Bisnis
ini merupakan bisnis yang paling dipiling oleh kaum muda maupun tua dikarenakan
bisnis ini lumayan mudah tergantung niat kita. Bisnis ini membutuhkan modal
yang lumayan tapi pasti kebanyakan orang pasti sudah memilikinya minimal
smartphone bisnis ini juga dapat mengenai semua sasaran mulai dari kaum
menengah kebawah hingga kelas atas.
ISI
1. Peluang
Bisnis dari Toko Online
Pengguna Internet di Indonesia mengalami pertumbuhan yang cukup
signifikan. Berdasarka Laporan comScore, Indonesia mengalami peningkatan
pengguna Internet sebesar 32 % padatahun 2010, paling tinggi perkembangannya di
antara negara Asia Tenggara lainnya dan total pengguna Internet di Indonesia
pada Desember 2010 adalah sebanyak 8,6 juta pengguna. Laporan ini tentunya merupakan
kabar gembira bagi pelaku bisnis online yang menjajakannya di pasar Indonesia.
ComeScore juga mencatat lama penggunaan Internet per pengguna di
Indonesia adalah 14,8 jam, paling rendah di antara negara Asia Tenggara lainnya.
Contoh dari toko online yang telah merasakan manisnya ialah Tokobagus (Olx.co.id). Nilai Omzet
Tokobagus yang hanya pada bulan Desember tahun 2010 kemarin saja tercatat
mencapai Rp 300 milyar, itu hanya bulan desember lho menggiurkan bukan?
2.
Langkah Dasar Memulai Toko Online
Banyak orang yang ingin memulai toko online, apakah toko baju,
keranjang hadiah atau mainan di web. Dengan mengambil contoh toko pakaian,
berikut beberapa langkah dasar untuk membuat etalase toko online anda:
a. Tentukan
Bisnis Anda.
Langkah
paling awal adalah selalu tahu apa yang ingin anda lakukan. Termasuk mengetahui
jenis bisnis baju apa dan market yang anda tuju (anak-anak, bayi, wanita atau
pria). Pertimbangkan ceruk pasar yang ada beberapa contoh toko baju online juga
menyediakan baju wanita dengan ukuran besar, atau baju seragam atau baju kerja
untuk ibu hamil. Lihat pesaing anda (dan ada banyak lagi) dan pikirkan: apa
yang membuat konsumen memilih toko anda dibandingkan retailer baju seperti Gap.com atau toko besar seperti Amazon.com?
b. Melakukan
Riset Pasar.
Memahami
target konsumen anda serta tahu pesaing anda siapa mereka, apa yang mereka
lakukan dan bagaimana mereka menampilkan tokonya, bagaimana mereka memasarkan,
apakah target pasar anda membeli online dan dari mana. Berlangganan untuk
publikasi seperti Internet Retaileruntuk membantu anda banyak belajar
cara terbaik berjualan online dan apa yang dilakukan pada bisnis besar.
c. Memimpikan
Website Anda.
Tentukan
fitur yang diinginkan pada website Anda. Keindahan web akan mempermudah anda untuk
melakukan riset persaingan. Kunjungi situs pesaing utama anda, termasuk situs
bisnis besar. Mengapa menurut anda website mereka bisa berjalan? Fitur apa saja
yang mereka miliki yang menurut anda juga perlu dimiliki? Berpikir layaknya
pelanggan potensial dan lihat fitur mana yang membuat pengalaman berbelanja
anda menyenangkan? Ingatlah, bahkan detil terkecilpun bisa memberikan perbedaan
dalam hal harga dan penjualan.
d. Menulis
Business Plan.
Business plan penting untuk membantu anda memikirkan
bisnis anda
siapa target
pasar anda, apa yang ingin anda capai dengan situs anda, bagaimana anda
memasarkan produk, teknologi apa yang anda butuhkan untuk mencapai tujuan anda,
dimana anda akan mendapatkan sumber produk anda atau bagaimana anda akan
membuat item tersebut, dan seberapa besar sumber yang perlu anda miliki. Anda
tidak harus menulis tesis atau business plan yang formal kecuali anda mencari
pinjaman finansial atau investor.
e. Mengelola
Modal Awal Anda.
Jika
menurut anda ide anda bisa dilakukan, maka ini adalah saat memulainya. Jika
anda butuh mengajukan pinjaman, siapkan business plan. Jika anda punya tabungan atau meminjam keluarga
atau teman, business plan ini
opsional tapi bisa membantu anda menelaah bisnis.
f. Menentukan
Platform E-Commerce Apa Yang Akan Digunakan Dalam Penjualan Online.
Anda
memiliki beberapa opsi dalam membangun toko online. Anda bisa membangun sistem anda
sendiri, memilih dan menambahkan elemen diri anda sendiri.
g. Mengatur
Supplier Dimana Anda Akan Mendapatkan Barang.
Mungkin
anda tidak bisa menyusun akun pada tahap ini tanpa ijin penjual, tapi
setidaknya tahu siapa mereka. Menghadiri pameran busana sehingga anda bisa
bertemu penghasil dan pemain industri lainnya secara personal. Gunakan pasar
B2B seperti Alibaba.com jika anda mempertimbangkan mencari
produsen atau suplier internasional.
h. Mulai
Mengerjakan Website.
Mendapatkan
semua elemen yang anda butuhkan untuk menjalankan toko online anda berdasarkan
platform sebelum anda memutuskan menggunakannya untuk e-commerce anda. Yang paling mendasar, anda harus
bisa menunjukkan produk/jasa anda (katalog), mengambil pesanan (keranjang
belanja), dan pembayaran (sistem pembayaran).
i.
Menentukan Bagaimana Menerima Pembayaran.
Mendaftar
akun merchant atau menentukan opsi pembayaran atau kombinasi pembayaranyang
ditawarkan pada pelanggan anda.
No comments:
Post a Comment